Di dalam kitab Centhini jilid 3 Pupuh 246, dengan tembang Kinanthi, dikisahkan bahwa Ki Wanakarta membeberkan pengetahuan tentang karakter seseorang berdasarkan 'Weton'nya, ke Nurwitri.
Weton adalah saat kelahiran seseorang yang berdasarkan penggabungan dari hari-hari Saptawara (tujuh hari) yaitu: Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan hari-hari Pancawara (lima hari) yang terdirir dari: Pon, Wage, Kliwon , Legi, Paing, yang disebut dengan hari Pasaran.Misalkan, seseorang lahir pada hari (Saptawara) Jumat dan hari (Pancawara / Pasar) Pon, maka orang tersebut 'Weton'nya adalah Jumat Pon.
Sedangkan Neptu adalah nilai yang diberikan pada hari-hari Saptawara dan pada hari-hari pancawara, dengan perincian sebagai berikut. Hari-hari Saptawara: Minggu = 5, Senin = 4, Selasa = 3, Rabu = 7, Kamis = 8, Jumat = 6, Sabtu = 9. Hari-hari Pancawara: Pon = 7, Wage = 4, Kliwon = 8, Legi = 5, Paing = 9.
Dengan demikian orang yang memiliki Weton Jumat Pon, seperti yang ditulis di atas, Neptunya adalah 13 (Jumat = 6 dan Pon = 7)
Untuk seseorang yang memiliki Weton Jumat Pon, Jumat Wage, Jumat Kliwon, Jumat Legi dan Jumat Paing, menurut Kitab Centhini Pupuh 246, 'Pada' 5 sampai dengan 'Pada' 13 adalah sebagai berikut:
5. Manungsa wirasatipun
metu saking wetonneki
yen Jumngah Pon wetonira
ton sabar kaku kang budi
sru wani maring wong tuwa
lan nora sinungan sugih
(fitur dan karakter manusia yang lahir pada hari Jumat dan pasar Pon, tidak sabar, kaku, keras kepala, berani kepada orang tua dan tidak berlimpah materi)
metu saking wetonneki
yen Jumngah Pon wetonira
ton sabar kaku kang budi
sru wani maring wong tuwa
lan nora sinungan sugih
(fitur dan karakter manusia yang lahir pada hari Jumat dan pasar Pon, tidak sabar, kaku, keras kepala, berani kepada orang tua dan tidak berlimpah materi)
6. Jumngah Wage wetonnipun
yen becik luwih utami
yen ala ngluwihi ala
granyah nging micareng ngelmi
adhemen panggawe ngiwa
ton Ajeg pikirireki
('weton' lahir pada hari dan pasar Jumat Wage, kalau baik, baik sekali, tetapi kalau jelek, jelek sekali, ramah dan terampil berbicara . Tidak konsisten, melenceng dari jalan yang telah disepakati)
yen becik luwih utami
yen ala ngluwihi ala
granyah nging micareng ngelmi
adhemen panggawe ngiwa
ton Ajeg pikirireki
('weton' lahir pada hari dan pasar Jumat Wage, kalau baik, baik sekali, tetapi kalau jelek, jelek sekali, ramah dan terampil berbicara . Tidak konsisten, melenceng dari jalan yang telah disepakati)
7. Yen maksih anyar anggunggung
yen wus lawas denalani
Jumngah Wage pan terkadhang
sandhunganne larang siwi
nanging sok sinungan donya
jinurung rijeki eblis
(ketika masih baru dipuji-puji, tetapi kalau sudah lama dijelek-jelekan. Weton Jumat Wage, halangannya, sulit mendapatkan keturunan. Tetapi sering mendapatkan harta dunia yang tidak halal.
yen wus lawas denalani
Jumngah Wage pan terkadhang
sandhunganne larang siwi
nanging sok sinungan donya
jinurung rijeki eblis
(ketika masih baru dipuji-puji, tetapi kalau sudah lama dijelek-jelekan. Weton Jumat Wage, halangannya, sulit mendapatkan keturunan. Tetapi sering mendapatkan harta dunia yang tidak halal.
8. Jumungah Kliwon puniku
pantes yen kinarya rabi
pepikiran rada lumrah
mring wong tuwa asring bekti
nging rada wani wong lanang
jinurung sugih rijeki
(weton Jumat Kliwon, cepat dijadikan istri, bersahaja, hormat kepada orang tua, tetapi agak berani dengan pasangannya, rejeki berlimpah)
pantes yen kinarya rabi
pepikiran rada lumrah
mring wong tuwa asring bekti
nging rada wani wong lanang
jinurung sugih rijeki
(weton Jumat Kliwon, cepat dijadikan istri, bersahaja, hormat kepada orang tua, tetapi agak berani dengan pasangannya, rejeki berlimpah)
9. Teka pati marang kakung
amituhu pituturing
maratuwa kang Prayoga
lawan betah asesirih
sandhunganne wong punika
padonne ambuntut-arit
(setia kepada pria, taat nasehat orang tua, terus mengurangi-ngurani makanminum , tetapi hambatannya orang tersebut ada kejelekan yang disembunyikan.
amituhu pituturing
maratuwa kang Prayoga
lawan betah asesirih
sandhunganne wong punika
padonne ambuntut-arit
(setia kepada pria, taat nasehat orang tua, terus mengurangi-ngurani makan
10. Jumngah Legi wetonnipun
kang pasti laki ping kalih
pipikiran ton antepan
kenceng ngarep kendho mburi
lan takdirira Hyang Sukma
kudu laki kaping kalih
(weton Jumat legi yang pasti dua kali ganti pria, tidak setia, di depan mantap di belakang kendor. Sudah menjadi takdir dari Tuhan, dua kali menikah)
kang pasti laki ping kalih
pipikiran ton antepan
kenceng ngarep kendho mburi
lan takdirira Hyang Sukma
kudu laki kaping kalih
(weton Jumat legi yang pasti dua kali ganti pria, tidak setia, di depan mantap di belakang kendor. Sudah menjadi takdir dari Tuhan, dua kali menikah)
11. Kang ton kapanggih ing laku
pangiwane sok andadi
anging karsaning Hyang Suksma
lan lakine pegatmati
yen ala ngluwihi ala
yen becik luwih utami
(yang tidak terduga, sering melakukan tindakan yang tak terpuji. Tapi kehendak Tuhan, suaminya cerai mati. Jika jelek sangat jelek, tetapi jika baik, sangat baik)
pangiwane sok andadi
anging karsaning Hyang Suksma
lan lakine pegat
yen ala ngluwihi ala
yen becik luwih utami
(yang tidak terduga, sering melakukan tindakan yang tak terpuji. Tapi kehendak Tuhan, suaminya cerai mati. Jika jelek sangat jelek, tetapi jika baik, sangat baik)
12. Jumngah Paing wetonnipun
imul watake ngaruwit
saenan nora prasaja
kelire akarya becik
ing lair temah isinan
dadya imul ton katawis
(Weton Jumat Paing, terlihat baik, halus, pemalu, tetapi sesungguhnya tidak punya malu)
imul watake ngaruwit
saenan nora prasaja
kelire akarya becik
ing lair temah isinan
dadya imul ton katawis
(Weton Jumat Paing, terlihat baik, halus, pemalu, tetapi sesungguhnya tidak punya malu)
13. Arang kang mlempeng puniku
kang wus kalebu ing tulis
iku padha apilena
nging kanthi kalawan takdir
yen wus pinasthi jodhonya
cumadhong karsa Hyang Widdhi
(jarang yang memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang telah ditulis, hendaknya dihafal, tetapi disertai dengan takdir menjadi jodohnya pasrah kepada Tuhan).
kang wus kalebu ing tulis
iku padha apilena
nging kanthi kalawan takdir
yen wus pinasthi jodhonya
cumadhong karsa Hyang Widdhi
(jarang yang memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang telah ditulis, hendaknya dihafal, tetapi disertai dengan takdir menjadi jodohnya pasrah kepada Tuhan).
sumber: kitab primbon bataljemur adammakna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar