Senin, 08 Juli 2013

PRIMBON KAKANG KAWAH ADI ARI-ARI

PRIMBON KAKANG KAWAH ADI ARI-ARI
diantara sembilan saudara yang menyertai kelahiran jabang bayi,kakang kawah adi ari-ari adalah yang paling terkenal.kedua saudara ni selalu di sebut setiap doa permohonan bagi bayi tersaebut.


kakang kawah,di sebut kakang kerena lahir terlebih dahulu dari jabang bayi.kawah adalah banyu/air kawah yang fungsinya membasahi dan melicinkan vegina agar jabang bayi yang akan keluar dapat berjalan lancar,dan kulit bayi yang masih halus tidak luka kerenanya.

sedangkan untuk adi ari-ari karena lahirnya menyusul setelah jabang bayi.
ari-ari adalah segumpal daging lunak yang sebelumnya menjadi tempat jabang bayi.ketika tiba saatnya kelahiran,bayi tersebut lahir keluar di ikuti ari-ari.antara bayi dan ari-ari di gandengkan oleh tali pusar,selanjutnyaq pusar tersebut di potong menggunakan kulit bambu hitam dan di landasi dengan kunyit.




pada umumnya ari-ari tersebut di tanam di dapan pintu utama rumah sebelah kanan.sebaiknya yang melakukan penanaman adalah bapaknya dengan perlengkapan jawa lengkap dengan memakai keris.ada ari-ari yang tidak di tanam,melainkan di labuh di sungai oleh si bayi yang sudah menjadi besar.



pada peringatan weton atau hari dan pasaran kelahiran si jabang bayi,yang terjadi setiap 35 hari atau selapanan.si jabang bayi di buatkan jenang among-among.yang di maksudkan sebagai ucapan syukur atas keselamatan si jabang bayi dan untuk ngemong-mongi atau memelihara dan menjaga si jabang bayi selanjutnya.bahkan sebagai saudara hubungan antarta si jabang bayi dengan kakang kawah adi ari-ari lebih akrab,seperti permohonan yang di ucapkan saat membuat jenang abang among-among.


kakang kawah adi ari-ari,
jaganen aku,
supoyo slamet,
sluman-slumun slamet,
slamet saking kersaning allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar