Senin, 12 Juni 2017

Berguru Kepada Alam Semesta

Berguru Kepada Alam Semesta
cover buku ki sabdalangitPara pembaca yang budiman, sedulur semua di manapun berada, apapun suku, bangsa, ras, golongan, kepentingan politik, dan agamanya. Bukan maksud hendak menggurui karena saya tak pernah bercita-cita menjadi guru. Justru karena saya merasa selalu ingin menjadi murid dan kenyataannya sampai sekarang saya tetaplah murid yang selalu berguru kepada alam semesta dan segala isinya. Saya merasa mendapat keuntungan luarbiasa ketika sedang menjadi murid, namun bukannya saya pribadi mau golek butuhe dewe lantas enggan berbagi pengalaman. Biarpun begitu kalau saya dipaksa oleh keadaan untuk menjadi guru ya enggak apalah. Maksud penerbitan buku ini sekedar untuk berbagi pengalaman hidup dan saya gunakan sebagai sarana mensukuri berkah dan anugrah alam semesta, Tuhan, God, Gusti, Sang Hyang Widhi, Allah, Alloh, Brahman, Dei, Sang Jagadnata yang telah saya alami, saksikan, dan dapatkan selama diberi kesempatan untuk singgah di planet bumi ini. Terutama kepada para pembaca yang tidak dapat menjangkau internet. Saya sadari bersukur hanya menggunakan lisan saja tak ubahnya lips service, sekedar ngomong doang sangat tidak cukup dan tidak sebanding dengan berkah dan anugrah Tuhan yang telah saya dapatkan selama ini.
Jika Anda bertanya siapa gerangan guru saya ?
Nah, guru saya sesungguhnya bukanlah mahluk yang teristimewa, bukan pula mursyid, bukan pula ahli dakwah, ahli politik, ahli hukum, ahli ekonomi, dan ahli-ahli yang lain. Saya tidak membatasi kepada mereka semua, bahkan saya menyatakan diri sebagai murid dari ragam bangsa binatang yang ada di planet bumi ini. Saya juga murid dari ragam tetumbuhan yang ada di sekitar kita maupun di hutan belantara sana. Penulis menilai bangsa-bangsa itu sebagai guru yang polos apa adanya, tak pernah berpamrih, dan mereka bangsa paling jujur di planet bumi. Tak luput pula, saya banyak belajar dari kehidupan bangsa lelembut, ragam titah gaib sama-sama mahluk hidup penghuni jagad raya. Namun saya juga tak akan sungkan untuk berguru kepada para pembaca di sini, kepada kawan, sahabat, handai taulan, keluarga, orang-orang terdekat, bahkan berguru kepada orang yang sekiranya membenci saya.
Saya menyadari, sikap “gengsi menjadi murid, dan bangga menjadi guru”, hanya membuat perkembangan ilmu pengetahuan mengalami stagnasi, karena tanpa disadari sudah merasa nyaman berada di dalam penjara kebodohan. Lebih baik sibuk menjadi murid di sana-sini daripada sibuk menggurui siapa saja di mana-mana. Seorang murid wajar bila dianggap bodoh, lain halnya jika seorang guru. Saya tetap enjoy berguru kepada seseorang sekalipun oleh orang lain dinilai bodoh. Bukankah setiap diri kita memiliki pengalaman hidup yang berbeda dan beragam..?! Perbedaan dan keragaman pengalaman hidup masing-masing orang justru dapat menjadi guru yang baik bagi orang lain. Apakah sesungguhnya arti belajar ? Bagi saya pribadi, belajar pada prinsipnya merupakan transformasi informasi mengenai fakta kehidupan yang berbeda dari apa yang telah kita ketahui sebelumnya. Jika mau belajar, belajarlah kepada heterogentitas fakta kehidupan supaya kita menyadari segala sesuatu yang ada di luar diri. Belajar pada homogentitas dan informasi yang telah kita peroleh sebelumnya sama halnya sekedar kegiatan menghafal. Belajar hidup bukanlah sekedar menghapal lalu mengucap secara repetitif hapalannya, melainkan setiap saat mencari informasi kehidupan yang belum kita ketahui untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Itu baru disebut manusia Jawa : jiwa kang kajawa atau Jawi : jiwa kang kajawi. Yakni mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari apa yang telah dipahami.
Alam semesta ini menjadi indah manakala kita saksikan adanya kebersamaan di atas keberagaman di antara mahluk penghuninya. Homogentitas hanyalah merupakan bagian yang melengkapi heterogenitas jagad semesta. Dengan kata lain homogenitas adalah unsur dasar yang membentuk keberagaman atau heterogenitas. Dan di atas keberagaman terdapatlah nilai yang bersifat universal. Jadi siapapun yang mengingkari dan menolak keberagaman serta perbedaan, sungguh ia telah melawan kodrat atau hukum alam. Kesadaran seperti ini haruslah kita tanamkan jauh di dalam mindsetkita. Dengan adanya kesadaran akan prinsip-prinsip hidup di atas dapat membawa kita untuk menghindari sikap “3G” yakni sikapgolek menange dewegolek butuhe dewe, dan golek benere dewe. Konotasi 3G sebagai gambaran nyata pola pikir dan pola perilaku hidup yang jahiliah, menolak kebenaran faktual. Perlu digarisbawahi, bahwa sikap tidak soleha lebih tepatnya adalah sikap yang tak selaras dan harmonis dengan hukum keseimbangan alam.
Suradira Jayaningrat, lebur dening pangastuti
Rahayu Sagung Dumadi
Sabdalangit
Telah terbit buku “Angkingan for the soul” buku episode pertama Ki Sabdalangit dengan judul Menjemput Keajaiban. Episode pertama ini merupakan kumpulan beberapa tulisan Ki Sabdalangit yang diambil dari blog yang dikelolanya kemudian beberapa tulisan yang senada dikelompokkan ke dalam satu tema. Jika dibandingkan dengan posting yang terdapat di blog tentu saja isi buku banyak perbedaan karena terdapat banyak tambahan pada artikel dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan para sedulur pembaca blog. Selain itu banyak pula tambahan-tambahan berupa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang selama ini belum sempat dijawab oleh penulis. Di dalam setiap karyanya, penulis berusaha membumikan bahasa agar lebih mudah dipahami oleh berbagai lapisan sosial masyarakat. Pembaca dapat menikmati tulisan yang terasa mengalir menuntun suatu kesadaran pada level yang lebih tinggi lagi. Sayang sekali jika melewatkan buku Menjemput Keajaiban, karena di dalamnya terdapat hal-hal baru yang mengungkap misteri hidup dan kehidupan, yang mungkin sangat berbeda dengan mindset orang pada umumnya.
oleh ki sabdalangit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar